06 Januari 2012

Waspada! Efek popok skali pakai terhadap kesehatan si kecil!

Popok sekali pakai atau sering disebut pampers memang PRAKTIS, tinggal pasang, terus buang, ga perlu repot cuci-cuci. tapi ternyata dibalik kepraktisannya ada efek popok skali pakai  yang negatif terhadap kesehatan si kecil dan juga kantong si Ayah:) Awalnya ndak percaya! tapi setelah cari informasi sana sini ternyata popok disposable (popok sekali pakai / pospak / pampers itu buuahhayyya!! Berikut ini FAKTANYA:
  • Tidak sehat karena byk mengandung dioxin, furan dan kimia lainnya. Tau sendiri kan kulit bayi sangatlah rentan, resiko jangka pendeknya mungkin hanya timbul ruam atau iritasi kulit karena uap panas yang disebabkan bahan kimia dan pemutih yang terkandung dalam popok sekali pakai. Sirkulasi udara di area kelamin yang satu derajat lebih tinggi suhunya (saat memakai popok sekali pakai) juga lama-kelamaan bisa mempengaruhi produksi sperma (bisa menyebabkan kemandulan). Bahan pada disposable yang mirip pembalut perempuan pun bisa menjadi salah satu penyebab kanker serviks pada perempuan. Selengkapnya bisa dibaca disini dan disini
  • Tidak ramah lingkungan. Coba bayangin, kalo si kecil minimal pakai popok skali pakai  4x sehari, maka dalam setahun ia butuh 1460pcs atau sekitar 2900pcs hingga ia berumur 2 tahun. sedangkan Plastik sendiri merupakan bahan yang sulit diuraikan oleh tanah, butuh sekitar 500thn agar bisa benar-benar terurai. Belum lagi "air lindi" (air kotor dan bau yang berasal dari sampah) yang berisi virus dari tinja manusia (termasuk vaksin hidup dari imunisasi rutin masa kanak-kanak) dapat merembes ke dalam bumi dan mencemari persediaan air bawah tanah. Virus-virus ini termasuk hepatitis A, virus Norwalk dan virus Rota (penyebab diare akut).. hiiii.. seremm.. Sumbernya dari sini
  • Tidak ekonomis. Untuk hal ini, kayanya sudah bisa ngitung sendiri ya. Kalo 1 hari 4popok skali pakai @ 2000 = Rp.8.000, sebulan = Rp.240rb, 1 tahun =Rp.2.880.000!!!, sedangkan biasanya anak sampai 2 tahun masih pake popok lagi,, jadi totalnya =Rp.5.760.000, belum lagi kalo sikecil kena ruam, mesti beli salep lagi….  duuuhh.. uang segitu mending buat nyicil motor ya, Bun…:)
Memang dari segi kepraktisan, pospak sangatlah bermanfaat, tapi jika lihat efek negatifnya, terutama yang point nomer 1, MASIHKAH kita tega memakaikan popok sekali pakai kepada si kecil??? Memang efek tersebut tidak terlihat langsung sekarang, tapi apakah Bunda mau ambil resiko?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar